Biaya Umroh Ramadhan

Biaya Umroh Ramadhan

Berapakah Biaya Umroh Ramadhan dan Mengapa Lebih Mahal dari Biasanya, Begini Rincian Lengkapnya

Seperti yang kita tahu bahwa biaya umroh Ramadhan biasanya lebih mahal dibandingkan dengan bulan biasa. Meskipun begitu, minat umroh seringkali meningkat saat bulan suci Ramadhan. Biasanya biaya umroh Ramadhan menjadi lebih mahal karena menyesuaikan kondisi hotel yang ada di Arab Saudi.

Pada hari pertama puasa, harga paket umroh Ramadhan yang ditawarkan tak jauh berbeda dari bulan biasa. Hanya saja mungkin akan naik 100 sampai dengan 200 dolar AS atau sekitar Rp1,5 hingga Rp3 juta. Namun harga umroh Ramadhan akan semakin naik menjelang akhir puasa.

Bahkan ketika 10 hari terakhir Ramadhan, meskipun jamaah hanya menggunakan dua hari saja, namun harga yang ditawarkan tetap untuk 1p hari umroh. Jadi bagi Anda yang ingin merencanakan umroh saat Ramadhan harus menyiapkan budget lebih.

Tips Mempersiapkan Umroh

Jika ibadah haji di Indonesia perlu antre selama beberapa tahun, berbeda dengan umroh yang bisa langsung berangkat. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya lebih cepat. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan ibadah umroh saat Ramadhan.

  1. Pilih Aktivitas Umroh di Malam Hari

Pastikan untuk melaksanakan ibadah umroh setelah sholat tarawih. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa lemas dan haus jika Anda melaksanakan ibadah umroh saat siang hari. Ketika siang, usahakan untuk digunakan beristirahat. Kurangi banyak aktivitas yang menghabiskan banyak tenaga. Supaya malamnya Anda bisa fokus untuk melaksanakan ibadah umroh.

  1. Pilih Hotel yang Paling Dekat Masjid

Umroh saat Ramadhan akan memfokuskan sebagian besar aktivitas Anda di sana untuk beribadah. Oleh sebab itu, pilih paket umroh yang hotelnya paling dekat dengan masjid dan mempunyai akses 24 jam ke masjid tersebut.

Tentunya Anda tidak ingin membuang waktu untuk perjalanan menuju masjid karena jarak dari hotel terlalu jauh bukan? Terlebih saat Ramadhan jumlah jamaah umroh akan lebih banyak dibanding hari biasa. Hal tersebut tentunya akan membuat arus jalan semakin macet.

  1. Pilih Tempat Khusus untuk I’tikaf

Salah hal istimewa yang akan Anda dapatkan saat umroh di bulan Ramadhan adalah bisa memilih paket yang jadwalnya di 10 hari terakhir Ramadhan. Sehingga Anda dapat merasakan nikmatnya beribadah dan i’tikaf di Masjidil Haram ataupun Masjid Nabawi. Ketika i’tikaf, pastikan untuk memilih tempat khusus supaya tidak berebut dengan jamaah lainnya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat ingin melaksanakan ibadah umroh ketika bulan Ramadhan. Namun sebelum berangkat, pastikan untuk memilih agen travel yang menawarkan biaya umroh Ramadhan yang masih sesuai dengan budget Anda. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *